Senin, 31 Maret 2014

CONTOH RPP 2013

CONTOH
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A.    Satuan Pendidikan                  : Madrasah Aliyah ...............
B.     Mata Pelajaran                        : Bahasa Arab
C.     Kelas/ Semester                       : XII / Ganjil
D.    Materi Pokok/ Topik               : الحضارة الاسلامية (Kebudayaan Islam)
E.     Pertemuan Ke-                        : 2
F.      Alokasi Waktu                        : 45 Menit
G.    Kompetensi Inti                      :
3. Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural , dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang  kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
H.    Kompetensi Dasar                   :
3.1  Mengidentifikasi bunyi kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan الحضارة الاسلامية (Kebudayaan Islam)
I.       Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1 Mengulangi beberapa kalimat dalam hiwar yang diperdengarkan tentang الحضارة الاسلامية dengan baik dan benar.
3.1.2 Mengidentifikasi bunyi kata-kata Bahasa Arab yang diperdengarkan tentang الحضارة الاسلامية
3.1.3 Memilih kosa-kata sesuai dengan makna ungkapan yang diperdengarkan tentang الحضارة الاسلامية

J.       Tujuan Pembelajaran               :
1.      Melalui kegiatan menyimak hiwar yang diperdengarkan siswa dapat menirukan beberapa kalimat dalam hiwar dengan intonasi yang baik dan benar.
2.      Melalui media audio siswa dapat mengidentifikasi bunyi kata yang diperdengarkan tentang الحضارة الاسلامية
3.      Melalui daftar cheklis kata siswa dapat memilih kosa-kata yang sesuai dengan makna ungkapan yang diperdengarkan tentang الحضارة الاسلامية
K.    Materi Pembelajaran
أولا : ستسمع كلمة . اُكتب في المربّع (أ) أو (ب) أو (ج) أو (د) المقابل للكلمة التي تسمعها !
١– (واحد) :حَضَارَة / ثَقَافَة / سَيْطَرَة / رِحْلَة /
٢– ( اثنين) : عَوَامِل / أَوَائِل / أَقَالِيْم / كَوَاكِبْ/
۳– ( ثَلَاثة) : أَبْحَاثْ / أَبْعَاد / أَسْفَار / أجْنَاس/
٤– (أربعة) : اِبْتَكَرَ/ اِعْتَبَرَ/ اِقْتَصَرَ/ اِسْتَحْضَرَ/
۵– ( خَمْسَة ) : يَتَبَادَل/ يَتَجَاوَز/ يُؤَدِّي/ يَقْتَضِ /

L.     PendekatandanMetodePembelajaran :
·         Pendekatan           : Komunikatif ( Al Madkhal Al- Ittishaly) danSaintifik
·         Metode                  : Audio Lingual ( Assam’iyyah As-Syafawiyah)
·         Model Pembelajarn :  DaftarCheklist
M.   KegiatanPembelajaran
TahapanPembelajaran
Deskripsi
Kegiatan Guru danSiswa
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
1.      Orientasi
Ø  Guru Mengucapkansalamsebagaipembukapertemuandanmenanyakankabarsiswa
Ø  Guru MemimpinDo’a
Ø  Guru Mengecekkehadiransiswa
Ø  Guru bersamasiswamengecekkesiapanperangkatpembelajaran
2.      Apersepsi
Ø  Guru memberikanpertanyaankepadasiswatentangpengalamansiswa yang berkaitandengankebudayaanislamidanpengetahuansiswaterhadapbudayawan-budayawanislam
3.      Motivasi
Ø  Guru menyampaikanmotivasitentangpentingnyabelajarBahasa Arab
Ø  Guru memberikaninformasitentangbudaya-budaya Islam yang Menarik
Ø  Guru mendorongsiswauntuksenantiasamencintaibahasa Arab
4.      Tujuan
Ø  Guru menyampaikantujuanpembelajaranbahasa Arab yang terkaitdenganmateriالحضارة الاسلامية (KebudayaanIslamiyah)
5
























Inti
1.      Mengamati
v  Guru memperdengarkanrekaman audio materipelajaranالحضارة الاسلامية
v  SiswaMenyimakrekaman audio dangambar yang ada di bukusesuairekaman yang diperdengarkan
2.      Menanya
v  Guru mengarahkansiswauntukmenanyakankosakata yang belumdipahami
v  Siswamengajukanpertanyaankepada guru tentangkosa kata yang belumdipahami
v  Guru menjawabpertanyaansiswa
3.      Mencoba
v  Siswamenirukanungkapan-ungkapan yang diperdengarkanmelalui media audio
v  Siswasecaraberkelompokmencarimaknaungkapan yang terdapatdalamrekaman audio
4.      Menalar
v  Siswamengingatkembalikosakata yang telahdiperdengarkanmelaluirekaman audio
5.      Mengkomunikasikan
v  Siswamengucapkankembaliungkapanataukosa kata yang telahdiperdengarkan
v  Siswamenunjukkanlembarcheklis yang berisisoa-soalkosa kata yang berkaitandenganmateriالحضارة الاسلامية yang telahdiperdengarkan
30
Penutup
1.      Kesimpulan
§  Guru bersama-samamembuatkesimpulantentangالحضارة الاسلامية
2.      Refleksi
§  Guru bertanyakepadasiswatentangmateri yang telahdiajarkansebagaipenguatan
§  Guru bersamasiswamerefleksi proses pembelajaran yang telahberlangsungmeliputikelemahandankelebihan yang dihadapisiswa
3.      UmpanBalik
§  Guru memberikanpertanyaankepadasebagiansiswatentangmateripembelajaran yang sudahdiajarkansebagaipenguatanmateri yang telahdipelajari
4.      TindakLanjut
PenugasanTerstuktur (PT)
Siswamengisilembarjawaban (daftar checklist) yang diberikankepadasetiapkelompok
Kegiatanmandiritidakterstruktur (KMKT)
Siswasecaraberkelompokmembuatdaftarkosa-kata berbahasaarabdilengkapigambartentangالحضارة الاسلامية
5.      Guru memberitahukaninformasikegiatanselanjutnya
§  Guru memberikaninformasikepadasiswamengenaimateripembelajaran yang akandiajarkanminggudepan.
5

N.    Media danAlatPembelajaran
o        Media
ü  Gambar
ü  Rekaman Audio
ü  DaftarCheklist
o        Alat
ü  Laptop
ü  LCD
ü  CD
O.    SumberBelajar / Bahan Ajar
o   SumberBelajar
ü  www. Google.com
ü  PelajaranBahasa Arab, MA kelas XII, Pengarang DR.D. Hidayat, PenerbitKaryaToha Putra Semarang
ü  Rekaman Audio
o   Bahan Ajar
ü  PelajaranBahasa Arab, MA kelas XII, Pengarang DR.D. Hidayat, PenerbitKaryaToha Putra Semarang hal.1-29

P.      PenilaianPembelajaran
o   Teknik             : Tesdan Non Tes
o   Bentuk                        : LisandanKinerja
o   Instrumen        : DaftarCheklist
o   PedomanPenskoran
أولا : ستسمع كلمة . اُكتب في المربّع (أ) أو (ب) أو (ج) أو (د) المقابل للكلمة التي تسمعها !
o       ١– أ. حَضَارَة      ب. ثَقَافَة              ج. سَيْطَرَة           د. رِحْلَة             
o       ٢– أ . عَوَامِل       ب.  أَوَائِل            ج .أَقَالِيْم              د.كَوَاكِبْ
o       ۳– أ. أَبْحَاثْ         ب.  أَبْعَاد             ج . أَسْفَار            د. أجْنَاس
o       ٤– أ. اِبْتَكَرَ          ب . اِعْتَبَرَ            ج. اِقْتَصَرَ            د.  اِسْتَحْضَرَ
o       ۵– أ. يَتَبَادَل         ب. يَتَجَاوَز          ج. يُؤَدِّي                         د. يَقْتَضِ
TeknikPenskoran :jawabanbenar x 10
Nilaiakhir :Skor x 2 = 100
RUBRIK PELAFALAN MATERI ISTIMA’
NO
AspekPenilaia
SangatTepat
Tepat
Cukuptepat
KurangTepat
TidakTepat
NilaiMaksimal
1
KefasihanPengucapan
5
4
3
2
1
5
2
KetepatanIntonasi
5
4
3
2
1
5
3
KetepatanStrukturkalimat
5
4
3
2
1
5
4
Kelancaran
5
4
3
2
1
5
Jumlah





20

PENILAIAN AFEKTIF
LEMBAR CHEKLIST
PENGAMATAN DISKUSI KELOMPOK
NO
NAMA
PENGAMATAN
Menjawab
Pertanyaan
MengajukanPertanyaan
Kerjasama
Keaktifan
NilaiMaksimal
1
Ahmad
Ö
Ö
Ö
Ö
4
2
Nurhayanah
-
Ö
Ö
Ö
3
3
Dst






Jumlah






Keterangan
o   CEKLIST 4 : SANGAT BAIK
o   CEKLIST 3 : BAIK
o   CEKLIST 2 :CUKUP
o   CEKLIST 1 : KURANG
Jakarta, 19  November 2014

KepalaSekolah                                                                                    Guru pendidik




D. Fariduddin, M.M, M.Si                                                                 Ahmad Effendi

1 komentar:

  1. MGM Resorts Ltd - JtmHub
    MGM Resorts, Limited owns and 거제 출장마사지 operates the MGM Resorts owns and 동두천 출장샵 operates four casinos 강릉 출장샵 in 강릉 출장안마 Pennsylvania, New Jersey, Contact Email: jtfall@mgmresorts.comPhone: +1 800-465-8000Email: 인천광역 출장안마 jtfall@mgmresorts.com

    BalasHapus