RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A.
Satuan
Pendidikan : MI
Mu’awanatul Ikhwan
B.
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
C.
Kelas/ Semester : IV / Ganjil
D.
Materi Pokok/
Topik : المهنة
( profesi)
E.
Pertemuan Ke- : 10
F.
Alokasi Waktu : 45 Menit
G.
Kompetensi Inti :
3. Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
H.
Kompetensi Dasar :
3.2 Menemukan makna dari ujaran kata, frase, dan kalimat sederhana terkait topik: المهنة
I.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
3.2.1 Menerjemahkan mufrodat yang terkait topik المهنة
3.2.2 Memilih kata sesuai dengan gambar yang
disediakan tentang المهنة
3.2.3 Menerjemahkan bahan qiraah tentang المهنة
3.2.4 Menjawab beberapa pertanyaan tentang isi
kandungan teks qira’ah المهنة
J.
Tujuan
Pembelajaran :
1.
Peserta didik
mampu menerjemahkan
mufrodat yang terkait topik المهنة
melalui permainan TTS
2.
Peserta didik
mampu memilih kata sesuai dengan gambar yang disediakan tentang المهنة
melalui soal bergambar
3.
Peserta didik mampu menerjemahkan kalimat
sederhana tentang المهنة
melalui pemberian soal
terjemah
4. Peserta didik
mampu menjawab beberapa pertanyaan tentang isi kandungan teks qira’ah المهنة
melalui metode Tanya jawab
antar sesama teman sebaya
K.
Materi
Pembelajaran
Fakta :

Materi Pembelajaran :
Teks Qira’ah
قَالَ
أَحْمَدُ : " يَا سَانْتِيْ، مَا أَمَلُكَ فِي الْمُسْتَقْبَلْ ؟"
قَالَتْ
سَانْتِيْ : " أَمَلِيْ فِي الْمُسْتَقْبَلْ مُدِيْرُ الْمَدْرَسَةِ يَا
أَحْمَدُ."
قَالَ
إِبْرَهِيْمُ:"ذَلِكَ شُرْطِيٌّ،هُوَ مُحَافِظُ الْأَمْنِ،ذلِكَ
أَمَلِيْ."
وَقَالَتْ
فَاطِمَةُ:"أَمَلِيْ أُعَلِّمُ التَّلَامِيْذَ فِيْ الْمَدْرَسَةِ."
قَالَ
أَحْمَدُ:"إِذَنْ أَنْتِ مُدَرِّسَةٌ، تِلْكَ أُمِّيْ، هِيَ مُدَرِّسَةٌ
أَيْضًا."
Daftar Mufrodat
مُدَرّسٌ
|
رَبَّةُالْبَيْتِ
|
فَلَّاحٌ
|
Guru
|
Iburumahtangga
|
Petani
|
مُهَنْدِسٌ
|
مُوَظَّفٌ
|
بَائِعٌ
|
Insinyur
|
Pegawai
|
Pedagang
|
طَبِيْبٌ
|
خَادِمَةٌ
|
شُرْطِيٌّ
|
Dokter
|
Pembantu
|
Polisi
|
L.
PendekatandanMetodePembelajaran :
·
Pendekatan :
Saintifik
·
Metode :
Kooperatif Learning
·
Model Pembelajarn :
Permainan TTS
M.
KegiatanPembelajaran
TahapanPembelajaran
|
Deskripsi
Kegiatan Guru danSiswa
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Orientasi
Ø Guru Mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar
siswa
Ø Guru Memimpin Do’a
Ø Guru Mengecek kehadiran siswa
Ø Guru bersama siswa mengecek kesiapan perangkat pembelajaran
2. Apersepsi
Ø Guru memberikan pertanyaan kepada siswa yang
berkaitan dengan macam –macam profesi yang ada dalam keluarga mereka
3. Motivasi
Ø Guru menyampaikan motivasi tentang pentingnya belajar
Bahasa Arab
Ø Guru memberikan informasi tentang macam-macam
profesi yang Menarik
Ø Guru mendorong siswa untuk senantiasa mencintai bahasa
Arab
4. Tujuan
Ø Guru menyampaikan tujuan pembelajaran bahasa Arab
yang terkait dengan materi profesi
|
5
|
Inti
|
1. Mengamati
v Guru memperlihatkan gambar – gambar yang berkaitan
dengan profesi.
v Siswa mengamati gambar yang diperlihatkan.
2. Menanya
v Guru mengarahkan siswa untuk menanyakan kosakata
yang belum dipahami
v Siswa mengajukan pertanyaan kepada guru tentang kosa
kata yang belum dipahami
v Guru menjawab pertanyaan siswa
3. Mencoba
v Siswa menyebutkan profesi dalam bahasa arab yang ada
dalam gambar
v Siswa secara berkelompok mencari makna ungkapan yang
terdapat dalam soal terjemah
4. Menalar
v Siswa mengingat kembali kosakata yang telah
dipelajari melalui gambar
5. Mengkomunikasikan
v Siswa mengucapkan kembali ungkapan atau kosa kata
yang telah dipelajari
v Siswa menunjukkan gambar yang sesuai dengan mufrodat
yang terkait dengan materi profesi
|
30
|
Penutup
|
1. Kesimpulan
2. Guru bersama-sama membuat kesimpulan tentang profesi
3. Refleksi
§ Guru bertanya kepada siswa tentang materi yang telah
diajarkan sebagai penguatan
§ Guru bersama siswa merefleksi proses pembelajaran
yang telah berlangsung meliputi kelemahan dan kelebihan yang dihadapi siswa
4. Umpan Balik
§ Guru memberikan pertanyaan kepada sebagian siswa tentang
materi pembelajaran yang sudah diajarkan sebagai penguatan materi yang telah dipelajari
5. Tindak Lanjut
Penugasan Terstuktur (PT)
Siswa mengisi teka-teki silang terkait dengan mufrodat tentang profesi
Kegiatan mandiri tidak terstruktur (KMKT)
Siswa secara berkelompok membuat daftar kosa-kata berbahasa arab dilengkapi gambar tentang profesi
6. Guru memberitahukan informasi kegiatan selanjutnya
§ Guru memberikan informasi kepada siswa mengenai materi
pembelajaran yang akan diajarkan minggu depan.
|
5
|
N.
Media dan Alat Pembelajaran
o
Media
ü Gambar
ü Permainan TTS
o
Alat
ü Laptop
ü LCD
ü CD
O.
Sumber Belajar / Bahan Ajar
o
Sumber Belajar
ü
www. Google.com
ü
Pelajaran Bahasa Arab, MI kelas IV, Erlangga.
o
Bahan Ajar
ü
Pelajaran Bahasa Arab, MI kelas IV, Erlangga
P.
Penilaian Pembelajaran
o
Teknik :
Tes dan Non Tes
o
Bentuk :
Kinerja
o
Instrumen :
Soal Bergambar dan TTS
o
Pedoman Penskoran
I.
Jawablah pertanyaan di bawah ini sesuai dengan bacaan di atas!
۱. مَا أَمَلُ سَانْتِي ؟
۲. مَا عَمَلُ الشُّرْطِيُّ ؟
۳. مَا أَمَلُ إِبْرَاهِيْمُ فِي الْمُسْتَقْبَلْ ؟
۴. مَا وَظِيْفَةُ الْمُدَرِّسَةِ ؟
Teknik Penskoran : Jawaban
benar x 5
Nilai akhir : skor x5 = 100
II.
Terjemahkanlah kalimat di bawah ini ke dalam bahasa Arab yang
baik dan benar !
1. Ayahku seorang
insinyur.
2. Itu adalah ibuku, dia
seorang guru.
3. Tugas polisi adalah
menjaga keamanan.
4. Kakakku
laki-lakiadalah seorang dokter.
5. Cita-citaku adalah
menjadi guru.
Teknik Penskoran : jawaban benar x 10
Nilai akhir : Skor x 2 = 100
III.
Ujilah kemampuan hafalan mufradat kamu dengan mengisi teka-teki
silang di bawah ini !
1
|
|||||||||
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|||
|
|
||||||||
|
|
||||||||
|
|
||||||||
|
|
||||||||
4
|
|
||||||||
5
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
||||||||
|
7
|
||||||||
6
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
||||||||
8
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|||||||||
|
|||||||||
1. فَلَّاحٌ
2. مِهْنَةٌ
3. مُحهَنْدِسُ
4. مُوَظَفٌ
5. بَائِعٌ
6. وَظِيْفَةٌ
7. طَبِيْبٌ
8. مُدِيْر
Teknik Penskoran : Jawaban benar x 5
Nilai Akhir ; Skor x 2.5 = 100
![]() |
![]() |
![]() |
|
|
|
![]() |
![]() |
![]() |
|
|
|
![]() |
![]() |
![]() |
|
|
|
RUBRIK
PENILAIAN QIRA’AH
NO
|
AspekPenilaia
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
Skor max
|
1
|
Memahami isi
kandungan teks
|
10
|
10
|
10
|
10
|
|
|
|
|
|
40
|
2
|
Menerjemahkan
kalimat sederhana
|
10
|
10
|
10
|
10
|
10
|
|
|
|
|
50
|
3
|
Menghafalakan
mufrodat melalui TTS
|
10
|
10
|
10
|
10
|
10
|
10
|
10
|
10
|
|
80
|
4
|
Menguasai
kosakata melalui gambar
|
10
|
10
|
10
|
10
|
10
|
10
|
10
|
10
|
10
|
90
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
260
|
Nilai Akhir :
260 : 26 = 100
PENILAIAN AFEKTIF
LEMBAR CHEKLIST
PENGAMATAN DISKUSI KELOMPOK
NO
|
NAMA
|
PENGAMATAN
|
||||
Menjawab
Pertanyaan
|
MengajukanPertanyaan
|
Kerjasama
|
Keaktifan
|
NilaiMaksimal
|
||
1
|
Ahmad
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
|
2
|
Nurhayanah
|
-
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
3
|
3
|
Dst
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
Keterangan
o
CEKLIST 4 : SANGAT BAIK
o
CEKLIST 3 : BAIK
o
CEKLIST 2 :CUKUP
o
CEKLIST 1 : KURANG
Jakarta, 2 April 2014
KepalaSekolah Guru
pendidik
Salmah
Zurko S.Pd Nurhasanah,
S.Pd
Trimakasih sangat bermanfaat...Bahasa Arab Kelas 3 ada ga bu
BalasHapus