Senin, 14 April 2014

contoh RPP bahasa Arab MI 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A.    Satuan Pendidikan                  : MI Mu’awanatul Ikhwan
B.     Mata Pelajaran                        : Bahasa Arab
C.     Kelas/ Semester                       : IV / Ganjil
D.    Materi Pokok/ Topik               : المهنة  ( profesi)
E.     Pertemuan Ke-                        : 10
F.      Alokasi Waktu                        : 45 Menit
G.    Kompetensi Inti                      :
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
H.    Kompetensi Dasar                   :
3.2  Menemukan makna dari ujaran kata, frase, dan kalimat sederhana terkait topik: المهنة
I.       Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2.1  Menerjemahkan mufrodat yang terkait topik  المهنة
3.2.2  Memilih kata sesuai dengan gambar yang disediakan tentang المهنة
3.2.3  Menerjemahkan bahan qiraah tentang المهنة
3.2.4  Menjawab beberapa pertanyaan tentang isi kandungan teks qira’ah المهنة
J.       Tujuan Pembelajaran               :
1.      Peserta didik mampu menerjemahkan mufrodat yang terkait topik  المهنة melalui permainan TTS
2.      Peserta didik mampu memilih kata sesuai dengan gambar yang disediakan tentang المهنة melalui soal bergambar
3.      Peserta didik mampu menerjemahkan kalimat sederhana tentang المهنة melalui pemberian soal terjemah
4.      Peserta didik mampu menjawab beberapa pertanyaan tentang isi kandungan teks qira’ah المهنة melalui metode Tanya jawab antar sesama teman sebaya
K.    Materi Pembelajaran
Fakta :
profesi.jpg

Materi Pembelajaran :
Teks Qira’ah
قَالَ أَحْمَدُ : " يَا سَانْتِيْ، مَا أَمَلُكَ فِي الْمُسْتَقْبَلْ ؟"
قَالَتْ سَانْتِيْ : " أَمَلِيْ فِي الْمُسْتَقْبَلْ مُدِيْرُ الْمَدْرَسَةِ يَا أَحْمَدُ."
قَالَ إِبْرَهِيْمُ:"ذَلِكَ شُرْطِيٌّ،هُوَ مُحَافِظُ الْأَمْنِ،ذلِكَ أَمَلِيْ."
وَقَالَتْ فَاطِمَةُ:"أَمَلِيْ أُعَلِّمُ التَّلَامِيْذَ فِيْ الْمَدْرَسَةِ."
قَالَ أَحْمَدُ:"إِذَنْ أَنْتِ مُدَرِّسَةٌ، تِلْكَ أُمِّيْ، هِيَ مُدَرِّسَةٌ أَيْضًا."
Daftar Mufrodat

مُدَرّسٌ
رَبَّةُالْبَيْتِ
فَلَّاحٌ
Guru
Iburumahtangga
Petani
مُهَنْدِسٌ
مُوَظَّفٌ
بَائِعٌ
Insinyur
Pegawai
Pedagang
طَبِيْبٌ
خَادِمَةٌ
شُرْطِيٌّ
Dokter
Pembantu
Polisi

L.     PendekatandanMetodePembelajaran :
·         Pendekatan           : Saintifik
·         Metode                  : Kooperatif Learning
·         Model Pembelajarn :  Permainan TTS

M.   KegiatanPembelajaran
TahapanPembelajaran
Deskripsi
Kegiatan Guru danSiswa
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
1.      Orientasi
Ø  Guru Mengucapkan salam  sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa
Ø  Guru Memimpin Do’a
Ø  Guru Mengecek kehadiran siswa
Ø  Guru bersama siswa mengecek kesiapan perangkat  pembelajaran
2.      Apersepsi
Ø  Guru memberikan pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan macam –macam profesi yang ada dalam keluarga mereka
3.      Motivasi
Ø  Guru menyampaikan motivasi tentang pentingnya belajar Bahasa Arab
Ø  Guru memberikan informasi tentang macam-macam profesi yang Menarik
Ø  Guru mendorong siswa untuk senantiasa mencintai bahasa Arab
4.      Tujuan
Ø  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran bahasa Arab yang terkait dengan materi profesi
5
























Inti
1.      Mengamati
v  Guru memperlihatkan gambar – gambar yang berkaitan dengan profesi.
v  Siswa mengamati gambar yang diperlihatkan.
2.      Menanya
v  Guru mengarahkan siswa untuk menanyakan kosakata yang belum dipahami
v  Siswa mengajukan pertanyaan kepada guru tentang kosa kata yang belum dipahami
v  Guru menjawab pertanyaan siswa
3.      Mencoba
v  Siswa menyebutkan profesi dalam bahasa arab yang ada dalam gambar
v  Siswa secara berkelompok mencari makna ungkapan yang terdapat dalam soal terjemah

4.      Menalar
v  Siswa mengingat kembali kosakata yang telah dipelajari melalui gambar
5.      Mengkomunikasikan
v  Siswa mengucapkan kembali ungkapan atau kosa kata yang telah dipelajari
v  Siswa menunjukkan gambar yang sesuai dengan mufrodat yang terkait dengan materi profesi

30
Penutup
1.      Kesimpulan
2.      Guru bersama-sama membuat kesimpulan tentang profesi
3.      Refleksi
§  Guru bertanya kepada siswa tentang materi yang telah diajarkan sebagai penguatan
§  Guru bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung meliputi kelemahan dan kelebihan yang dihadapi siswa
4.      Umpan Balik
§  Guru memberikan pertanyaan kepada sebagian siswa tentang materi pembelajaran yang sudah diajarkan sebagai penguatan materi yang telah dipelajari
5.      Tindak Lanjut
Penugasan Terstuktur (PT)
Siswa mengisi teka-teki silang terkait dengan mufrodat tentang profesi
Kegiatan mandiri tidak terstruktur (KMKT)
Siswa secara berkelompok membuat daftar kosa-kata berbahasa arab dilengkapi  gambar tentang profesi
6.      Guru memberitahukan informasi kegiatan selanjutnya
§  Guru memberikan informasi kepada siswa mengenai materi pembelajaran yang akan diajarkan minggu depan.
5

N.    Media dan Alat Pembelajaran
o        Media
ü  Gambar
ü  Permainan TTS
o        Alat
ü  Laptop
ü  LCD
ü  CD

O.    Sumber Belajar / Bahan Ajar
o   Sumber Belajar
ü  www. Google.com
ü  Pelajaran Bahasa Arab, MI kelas IV, Erlangga.
o   Bahan Ajar
ü  Pelajaran Bahasa Arab, MI kelas IV, Erlangga



P.      Penilaian Pembelajaran
o   Teknik             : Tes dan Non Tes
o   Bentuk                        : Kinerja
o   Instrumen        : Soal Bergambar dan TTS
o   Pedoman Penskoran

I.             Jawablah pertanyaan di bawah ini sesuai dengan bacaan di atas!
۱. مَا أَمَلُ سَانْتِي ؟
۲. مَا عَمَلُ الشُّرْطِيُّ ؟
۳. مَا أَمَلُ إِبْرَاهِيْمُ فِي الْمُسْتَقْبَلْ ؟
۴. مَا وَظِيْفَةُ الْمُدَرِّسَةِ ؟

Teknik Penskoran : Jawaban benar x 5
Nilai akhir : skor x5 = 100

II.           Terjemahkanlah kalimat di bawah ini ke dalam bahasa Arab yang baik dan benar !

1.    Ayahku seorang insinyur.
2.    Itu adalah ibuku, dia seorang guru.
3.    Tugas polisi adalah menjaga keamanan.
4.    Kakakku laki-lakiadalah seorang dokter.
5.    Cita-citaku adalah menjadi guru.
Teknik Penskoran : jawaban benar x 10
Nilai akhir : Skor x 2 = 100











III.          Ujilah kemampuan hafalan mufradat kamu dengan mengisi teka-teki silang di bawah ini !
1                                                                                             
 2





3








4

5









7
6







8









1.    فَلَّاحٌ
2.    مِهْنَةٌ
3.    مُحهَنْدِسُ
4.    مُوَظَفٌ
5.    بَائِعٌ
6.    وَظِيْفَةٌ
7.    طَبِيْبٌ
8.    مُدِيْر
Teknik Penskoran : Jawaban benar x 5
Nilai Akhir ; Skor x 2.5 = 100


petani.jpg



insinyur.jpg
pegawai.jpg
pedagang asongan.jpg



dokter.jpg
pembantu.jpg
polisi.jpg





 



RUBRIK PENILAIAN QIRA’AH
NO
AspekPenilaia
1
2
3
4
5
6
7
8
9
Skor max
1
Memahami isi kandungan teks
10
10
10
10





40
2
Menerjemahkan kalimat sederhana
10
10
10
10
10




50
3
Menghafalakan mufrodat melalui TTS
10
10
10
10
10
10
10
10

80
4
Menguasai kosakata melalui gambar
10
10
10
10
10
10
10
10
10
90
Jumlah









260
 Nilai Akhir : 260 : 26 = 100
PENILAIAN AFEKTIF
LEMBAR CHEKLIST
PENGAMATAN DISKUSI KELOMPOK
NO
NAMA
PENGAMATAN
Menjawab
Pertanyaan
MengajukanPertanyaan
Kerjasama
Keaktifan
NilaiMaksimal
1
Ahmad
Ö
Ö
Ö
Ö
4
2
Nurhayanah
-
Ö
Ö
Ö
3
3
Dst






Jumlah






Keterangan
o   CEKLIST 4 : SANGAT BAIK
o   CEKLIST 3 : BAIK
o   CEKLIST 2 :CUKUP
o   CEKLIST 1 : KURANG
                                                                           Jakarta, 2 April  2014

KepalaSekolah                                                                        Guru pendidik




Salmah Zurko S.Pd                                                                 Nurhasanah, S.Pd

1 komentar: